Rabu, 03 September 2014

SOPULUT

Makanan Tradisional
Bila bicara tentang makanan tentu banyak yang suka karena manusia tidak akan terlepas dari makan dan setiap pekerjaan atau mata pencaharian akan tetap berujung dengan makanan..... dan kali ini saya akan membagikan salahsatu makanan khas dari Suku Tonsawang (suku ini berada di Propinsi Sulawesi Utara Kabupaten Minahasa tenggara lebih tepatnya di Kecamatan Tombatu <tetapi saat ini kecamatan tersebut telah dimekarkan menjadi 6 kecamatan>), Oke, langsung saja.....

SOPULUT

Sopulut adalah salahsatu makanan khas dari Suku Tonsawang yang diolah dari berbagai macam sayuran yang biasanya ditanam oleh anak suku tonsawang sendiri, kalau dilihat dari hasil olahan makanan ini mirip seperti Bubur Manado, tetapi yang membedakan antara bubur manado (Tinutuan) dengan Sopulut adalah dari cara meracik / mengolah hingga dapat disajikan/santap. Kalau bubur manado diolah dengan cara dimasak menggunakan air seperti membuat layaknya bubur tetapi sopulut diolah dengan cara digoreng.
gambar = SOPULUT yang sudah matang dan siap saji

Sopulut dibuat dari jenis-jenis sayuran berupa :

-Tepung Sagu
-Sambiki / Labu
-Sayur kangkung
-Daun Pepaya
-Sayur Gedi
-Sayur Paku
-Balakama/Lengi
-Bawang (Batang Bawang)
-Perasa Makanan
-Minyak Kelapa secukupnya

Cara pengolahan dari sopulut yaitu semua sayur dipotong halus kemudian dicampur dengan tepung Sagu dan diaduk hinga tepungnya menyatu dengan sayur-sayur tersebut, selanjutnya digoreng hingga matang dan diletakkan di Daun pisang. Pengolahan Sopulut ini apabila tidak dituntun oleh ahlinya pasti hasilnya tidak baik / hangus..... Rugi Dong... 

Kalau ada yang mau mempraktekannya dan ingin mencoba makanan khas Suku Tonsawang ini dapat anda temukan langsung di Kecamatan Tombatu Raya & Touluaan Raya...... Ada hal yang tidak boleh dilupakan saat menikmati Makanan khas Suku Tonsawang ini agar lebih menambah cita rasa dari Sopulut ini, yaitu saat akan dimakan/santap harus dengan menggunakan dabu-dabu (Rica yang ditumbuk halus+bawang+garam dan dicampur dengan minyak kelapa).
hehehehe so dapa rasa depe pedis kang...... dan lebih nikmat disajikan dengan minuman Kopi Panas, huuuuh pesadap skali eh.....langsung kenyang....!!!

Ingin Coba....??? Silahkan berkunjung ke Suku Tonsawang.


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More